Pengembangan Bahan Ajar Materi Perbandingan Trigonometri Berbasis Kontekstual

  • Dewi Siti Marwah Universitas Wiralodra
  • Runisah Runisah Universitas Wiralodra
  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Perbandingan Trigonometri, Kontekstual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran konstekstual mengenai topik perbandingan trigonometri. Konsep dasar dari model pembelajaran yang disebut model pembelajaran kontekstual adalah menghubungkan materi dengan situasi di kehidupan nyata. Hal ini menunjang siswa untuk mengaitkan ilmu pengetahuan dengan kehidupan sehari-hari. 6 siswa di kelas XI IPA MAN 1 Indramayu adalah subjek uji coba. Penelitian pengembangan mengikuti langkah 4-D (Define, Design, Develop, and Dessiminate), namun pada penelitian ini hanya sampai tahap ujicoba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria yang memadai dan memperoleh nilai rata-rata 3,5 berdasarkan tiga aspek evaluasi utama, yaitu isi, kebahasaan, dan penyajian.

Published
2024-02-20