IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH DORO

  • Moh Fadli Universitas Pekalongan
Keywords: hasil belajar, ketuntasan belajar, think pair share

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share mencapai ketuntasan sebesar 75%. Penelitian ini mengacu pada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika pada sub materi pokok integral. Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII Multimedia SMK Muhammadiyah Doro sebanyak 30 siswa sebagai kelas yang diterapkan model kooperatif tipe think pair share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27 dari 30 siswa memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimum yaitu 75. Berdasarkan pada uji proporsi pada uji Z dengan H 0 = P  0,75 dan H 1 = P < 0,75 diperoleh nilai Z hitung 1,898 sedangkan Z 0,95 -1,645. Karena Z hitung 1,898 > Z 0,95 -1,645 pada taraf signifikansi 0,05 maka H 0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share mencapai ketuntasan sebesar 75%.