PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI

  • Eka Nur Ainiy Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Yolan Maulita Wiguna Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: LKPD, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan LKPD bila diterapkan di dalam proses pembelajaran untuk kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan pengembangan alat peraga meliputi: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase kontruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, serta (5) fase implementasi. Namun, dalam penelitian ini hanya akan sampai di tahap 4 yaitu fase tes, evaluasi, dan revisi. Dengan kegiatan yang dilakukan pada tahap investigasi awal adalah menghimpun informasi permasalahan pembelajaran matematika terdahulu dengan melakukan observasi mengenai masalah yang muncul dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Sedangkan pada tahap desain, akan dirancang LKPD agar diperoleh gambaran analisis dan rancangan produk hasil pengembangan. Kemudian hasil rancangan akan direalisasikan pada tahap konstruks sehingga dihasilkan suatu produk LKPD. Setelah diperolah produk LKPD materi program linear, masuklah di fase keempat yaitu dilakukan uji validasi menggunakan instrumen lembar validasi. Dari hasil uji validasi maka dapat diketahui tingkat kelayakan LKPD materi program linear yang dikembangkan.