IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK GONDANG WONOPRINGGO

  • Yoga Dwi Amanatullah Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Lulu’ Istsniati Mufarokha Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Williana Williana Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Implementasi CTL, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Berdasarkan pengalaman saat melaksanakan kegiatan magang di SMK Gondang Wonopringgo, terlihat bahwa siswa mengalami kesulitan ketika diberikan pertanyaan yang tidak rutin. Hal ini terbukti bahwa hanya beberapa siswa yang mampu menyelesaikan soal yang membutuhkan pemahaman, perencanaan, penyelesaian dan menemukan hasil. Melihat permasalahan masih rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis, maka perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu mengajak siswa untuk berpikir menemukan masalah dari suatu peristiwa dan berusaha memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL sama baiknya dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Gondang Wonopringgo. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI AKL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk essai, kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan teknik analisis data beda rerata dengan melakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS, terbukti bahwa nilai signifikansi ≥ 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL sama baiknya dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL.