EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 3 SMAN 01 DORO TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Rani Ardiani Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Siti Asri Fatimah Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Eksperimentasi, Mind Mapping, Prestasi Belajar

Abstract

Proses pembelajaran merupakan penentu kualitas prestasi belajar siswa. Salah satu persoalan yang sering terjadi dalam proses tersebut adalah cara mengajar guru. Khususnya dalam bidang matematika, cara mengajar yang diterapkan guru matematika saat ini cenderung kurang kreatif, variatif, korektif dan terjebak dalam proses pembelajaran yang kaku, membuat siswa pasif serta membosankan. Banyak hasil di bidang matematika yang belum bisa mencapai KKM. Proses pembelajaran matematika perlu diperbaiki guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena itulah penelitian ini mencoba menguji prestasi belajar siswa bidang matematika pada pokok pembahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran mind mapping mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pokok pembahasan SPLTV. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di salah satu kecamatan di Kabupaten Pekalongan yaitu Kelas X IPS 3 SMAN 01 DORO tahun ajaran 2019/2020. KKM yang diterapkan pasa SMAN 01 Doro yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental semu. Uji hipotesis menggunakan Uji satu rerata dengan taraf signifikansi 0.05. Sebelum melakukan uji satu rerata data harus lolos tahap uji normalitas terlebih dahulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai ulangan harian. Berdasarkan pengujian hipotesis ini, diperoleh kesimpulan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping mempengaruhi prestasi belajar matematika.