ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN

  • Estina Widyaningsih Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Venanda Amanatun Septena Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Devi Wahyu Daniati Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Rivka Ani Nur Utami Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Viola Dessy Romadoni Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Newman, Himpunan

Abstract

Banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaian soal cerita matematika terutama pada materi himpunan membawa peneliti untuk menganalisa lebih lanjut. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan berdasarkan Teori Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian diambil sebanyak 10 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dari hasil pekerjaan siswa terhadap soal tes yang diberikan. Analisis data dilakukan berdasarkan Teori Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kategori tinggi tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan yang mudah dan sedang, namun melakukan kesalahan memahami dan pengkodean dalam menyelesaiakan soal yang sulit. Subjek dengan kategori sedang melakukan kesalahan keterampilan proses dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan yang mudah dan sedang, serta melakukan kesalahan memahami dan keterampilan proses dalam mengerjakan soal yang sulit. Sedangkan subjek dengan kategori rendah, mereka cenderung melakukan kesalahan memahami, keterampilan proses, dan pengkodean dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan yang mudah dan sedang, melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean dalam mengerjakan soal yang sulit.