EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WIRADESA

  • Elfa Durrotunisa Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Nofia Septiani Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Rilo Pambudi Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model langsung. Alasan penggunaan model kooperatif tipe STAD karena model pembelajaran sebelumnya yaitu model pembelajaran langsung, proses pembelajaran terjadi secara monoton sehingga siswa cenderung susah berkembang, maka dipilih model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengubah proses pembelajaran agar berlangsung menyenangkan sehingga siswa mudah berkembang. Penelitian ini menggunakan uji beda rerata t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa. Sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 dan XI IPS 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen serta perhitungan uji-t diperoleh t hitung (4,06) > t tabel (1,67), dapat dinyatakan bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima atau dengan kata lain, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model langsung.