PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISKUSI DENGAN DIRECT INSTRUCTION PADA SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI

  • Ana Widiyana Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Nisrina Nabila Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • M.Mufthi Sadewa Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Komparasi, model diskusi, model direct instruction

Abstract

Penelitian ini didasari permasalahan kurang aktifnya siswa saat pembelajaran dengan model direct instruction yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya permasalahan itu, penulis mempunyai solusi dengan menerapkan model diskusi, sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran baru terhadap siswa yaitu model diskusi. Harapannya dengan adanya model pembelajaran dengan diskusi ini memberikan suasana yang berbeda saat pembelajaran berlangsung yang menjadikan siswa lebih semangat serta aktif juga ikut andil dalam setiap kegiatan pembelajaran, tiap siswa memiliki kesempatan yang sama memberikan pendapatnya dalam kelompok diskusinya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model diskusi dengan model direct instruction. Polulasi yang digunakan adalah kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwuni, kemudian penentuan sampling yang digunakan dengan mengambil beberapa kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3, dimana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model diskusi dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Berdasarkan komputasi data yang terkumpul didapatkan hasil uji rerata yaitu hasil belajar siswa dengan model diskusi lebih baik daripada model direct instruction.