ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Alya Kamila Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Saniatun Nafisah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Dita Aprilia Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Bagas Galuh Wicaksono Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: High Order Thingking Skills (HOTS), SPLDV, Kemampuan, Matematika

Abstract

Pentingnya keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pendidikan matematika adalah agar siswa dapat menguasai matematika dengan baik. Saat ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika yang mengarah pada berpikir High Order Thinking Skill (HOTS) yaitu siswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dikembangkan selama pembelajaran dalam konteks baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan datanya yaitu dengan tes tertulis (soal essay) dan non-tertulis (wawancara). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 5 Magelang. Siswa dalam kelas tersebut sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Proses wawancara secara menyeluruh. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian, dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa, siswa kelas VIII D SMPN 5 Magelang dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada materi SPLDV dapat dikelompokkan dalam 4 kategori nilai, yaitu sebesar 13 siswa masuk kategori sangat baik, 8 siswa masuk kategori baik, 1 siswa masuk kategori cukup dan 2 siswa masuk kategori kurang berdasarkan nilai KKM 75.