EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK DIPONEGORO KARANGANYAR

  • Arni Sumartini Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Ayu Tsani Syafia Agustin Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • M. Dziyaul Khaq Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD, Model Pembelajaran Langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental. Penelitian dilaksanakan di SMK Diponegoro Karanganyar kelas X semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil terdiri dari X TKJ sebagai kelas eksperimen dan X TBSM 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen berbentuk tes terlulis dalam Ulangan Harian 1 Matematika. Uji normalitas menggunakan bantuan SPSS dengan uji one- sample Kolmogorov-smirnov test mendapatkan nilai asymp. sig.(2-Tailed) < 0.05 untuk tiap kelas. maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel tersebut tidak berdistribusi normal. Dari itu penelitian ini menguji hipotesis menggunakan uji non parametrik dengan bantuan SPSS dan didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0.001 < 0.05 . Maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis diterima”. Dengan demikian dapat dikatakan rata-rata hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik daripada rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Published
2020-02-02