ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMPN 3 MUNTILAN DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA MATERI POLA BARISAN BILANGAN

  • Bella Nurbaiti Purwandini Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Ariana Dwi Hidayati Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Susanti Susanti Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Lutvia Nurul Afwah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Anisa Eka Saputri Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Mohamad Alfarizi Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: kemampuan berpikir kreatif, pola barisan bilangan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 3 Muntilan dalam memecahkan soal cerita pada materi pola barisan bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 3 Muntilan yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah subjek mampu memperlihatkan kemampuan berpikir kreatif dengan tingkatan yang berbeda-beda yaitu lima subjek memperlihatkan TKBK 2 dan dua puluh tujuh subjek memperlihatkan TKBK 1.