ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI

  • Elis Fitriani Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Khoirun Nisa Asna Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Destia Dwi Rahayu Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Desti Farichah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Jauza Nur Nabila Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Analisis Kesalahan, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri serta mengetahui lebih lanjut tentang penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas XI . Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kulitatif dengan subjek penelitian adalah 10 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Karanganyar, Kebumen pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa dengan 1 siswa kemampuan tinggi, 7 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 5 soal dalam bentuk uraian tentang operasi trigonometri yang diselesaikan dalam waktu 90 menit. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri yang diberikan yaitu kesalahan operasi sebesar 16% diikuti dengan kesalahan konsep sebesar 12% dan kesalahan prinsip sebesar 8%. Kesalahan yang paling dominan dilakukan adalah kesalahan operasi. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit yaitu kesalahan prinsip. Kesalahan paling banyak terdapat pada soal nomor 2 dan 4.