PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BARISAN DAN DERET TAK HINGGA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Mega Dheta Suri Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Elisabeth Parwati Raharjo Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL), Pendidikan Karakter, Nilai – Nilai Karakter

Abstract

Tulisan ini berangkat dari keresahan peneliti mengenai pendidikan karakter yang terjadi di Indonesia. Fenomena yang sering peneliti jumpai yaitu kurangnya rasa gotong royong, disiplin dan kreatif. Upaya atas fenomena tersebut dapat dilakukan dengan pencarian kembali nilai-nilai karakter siswa dalam pembelajaran matematika. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui nilai – nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika : materi barisan dan deret tak hingga dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik dan sumber pengambilan data berupa literature study baik berupa buku, jurnal, maupun dokumen dalam hal ini silabus dan buku teks matematika Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan: (1) materi pembelajaran matematika : barisan dan deret tak tingga mengandung nilai- nilai karakter yang tumbuh pada siswa (2) Problem Based Learning memperkaya kajian sebagai salah satu model pembelajaran matematika yang mengandung nilai-nilai karakter