PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 10 SMK MUHAMMADIYAH KARANGANYAR PADA POKOK BAHASAN NILAI MUTLAK

  • Annisa Nur Fadhilah Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Dini Yatul Ulva Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Nur Kholis Esa Afandi Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 28 siswa kelas X Farmasi 1 dari SMK Muhammadiyah Karanganyar tahun ajaran 2019/2020. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika siswa kelas X Farmasi 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes prestasi belajar matematika, lalu diuji menggunakan uji satu proporsi dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas. Hasil uji menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa. Hasil statistik uji-Z kelas diperoleh z hitung = 0,45 dan z tabel = -1,645 dengan taraf signifikansi 5% . Jadi z hitung < z tabel , maka klaim benar bahwa proporsi siswa yang mencapai KKM 75 lebih dari atau sama dengan 60%. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberi pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Farmasi 1 SMK Muhammadiyah Karanganyar.