PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KAJEN

  • Sofiroh Febriani Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Lies Diana Pebrianti Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Indrani Fahminingsih Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Pengaruh, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kajen. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, desain penelitian ini adalah desain kuasi eksperimental. Sampel penelitian ini diambil 2 kelas . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammdiyah Kajen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan nilai test, dan dokumentasi lain, selanjutnya dianalisis menggunakan uji t- test. Data hasil analisis perhitungan hipotesis kedua kelompok diperoleh nilai hitung sebesar 0,723, sedangkan t tabel dengan signifikansi 5% adalah 1,99457. Maka dapat dikatakan t hitung < t tabel . Dengan demikian ada pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika kelas X SMK Muhammadiyah Kajen.