ANALISIS PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

  • Siti Kumawati Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Mila Nurul Apriliyani Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Utari Oktaviani Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: hasil belajar matematika, kemampuan spasial

Abstract

Beberapa kasus soal dalam pembelajaran matematika sangat erat hubungannya dengan kemampuan spasial. Menguasai hubungan permasalahan yang mengadopsi dari kecerdasan spasial berdampak sangat baik dalam menyelesaikan permasalahan dengan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar geometri kelas Vlll SMP yang ditinjau dari tingkat kecerdasan spasial siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek kelas IX yang diambil dari SMPN 1 Kunduran, SMPN 3 Kunduran dan MTs Al-Huda Kunduran sebanyak sepuluh subjek, pengambilan subjek peneltian berdasarkan pengambilan purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu tingkat kecerdasan spasial siswa dan hasil belajar geometri. Tingkat kecerdasan siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Subjek 1 dan 2 memeroleh hasil belajar tinggi, memiliki kecerdasan spasial tingi dan sedang , (2) Subjek 1, 2, dan 3 memeroleh hasil belajar, memiliki kecerdasan tinggi, sedang dan rendah, (3) Subjek 1 memeroleh hasil belajar rendah dan memiliki kecerdasan spasial rendah.