ANALISIS SOAL TIPE HOTS DALAM SOAL UJIAN NASIONAL SMP TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Eka Firda Nuraditiya Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Lily Rahmawati Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Isna Chofifah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Vikha Putri Kurniasari Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Vetty Pupita Dewi Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Ridwan Ardiyanto Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Soal HOTS, ujian nasional matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Ujian Nasional Matematika Sekolah Menengah Pertama tahun 2019 paket 1 dan presentasenya, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Ciri penelitian deskriptif adalah untuk membuat gambaran mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian.berdasarkan data dari Puspendik nilai rata-rata ujian nasional matematika sekolah menengah pertama tahun 2019 yang menyatakan bahwa selama 5 tahun terakhir tidak pernah diatas 60 yang mana tergolong dalam kategori rendah, maka peneliti menggunakan objek yang berupa soal Ujian Nasional Matematika Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Sampel pada penelitian ini adalah 1 paket soal Ujian Nasional Matematika Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Peneliti menggunakan instrumen berupa pedoman telaah soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terdapat dalam Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang diterbitkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019. berdasarkan analisis data didapatkan hasil sebanyak 17,5% soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam soal Ujian Nasional Matematika Sekolah Menengah Pertama tahun 2019 paket 1.