ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XII TKR 1 SMK NEGERI 1 AMBAL PADA MATERI PELUANG

  • Sulistio Budi Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Ahmad Yasir Rifa’i Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Muhammad Thoyibi Yunanto Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Apriska Cahyaningrum Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Tingkat Berpikir Kreatif, Fleksibilitas, Kefasihan, Kebaruan

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII TKR 1 SMK Negeri 1 Ambal pada materi Peluang. Dalam penelitian ini, terdapat 36 siswa dipilih 33 siswa sebagai sampel dengan pengambilan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes berpikir kreatif matematis (TBKM). Proses observasi dilakukan untuk mengamati siswa. Tes TKBM dianalisis untuk mendeskripsikan TKBK siswa berdasarkan kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Hasil penelitian dari 33 siswa menunjukkan bahwa tingkat kemapuan berpikir kreatif siswa ada pada level 0 sampai level 5. Hasil akhir dari tes tertulis dapat diklasifikasikan bahwa terdapat 1 siswa pada level 0 (tidak kreatif), level 1 (kurang kreatif) terdapat 19 siswa, level 2 (cukup kreatif) terdapat 12 siswa dan terdapat 1 siswa pada level 4 (sangat kreatif). Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII TKR 1 SMK Negeri 1 Ambal pada materi peluang kurang kreatif.