ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SEMESTER GASAL

  • Yunita Aditya Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Ditaul Safitri Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Tahliatul Almukholani Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: matematika, materi semester gasal, pemecahan masalah, soal cerita

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran metamatika yang harus dikuasai dan senantiasa dikembangkan.Berkaitan dengan hal tersebut maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal bentuk cerita pada materi matematika semester gasal di SMP N 11 Magelang.Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif jenis deskriptif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan analisis dokumen.Sedangkan instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Peneliti menggunakan sebanyak dua puluh sembilan siswa untuk dijadikan sebagai subjek penelitian yang selanjutnya diambil sepuluh subjek untuk dianalisis tingkat kemampuan pemecahan masalahnya berdasarkan prosedur Polya yang terdiri dari empat presentase indikator yaitu 1) memahami masalah sebesar 75,00%; 2) menyusun rencana penyelesaian sebesar 41,67%; 3) menyelesaikan rencana penyelesaian sebesar 56,67%; 4) memeriksa kembali sebesar 22,50%. Selanjutnya, diperoleh hasil empat subjek dengan kategori baik, tiga subjek berkategori cukup, dua subjek berkategori kurang, dan satu subjek berkategori sangat kurang.