ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII B SMPN 6 MAGELANG DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL MATERI OPERASI ALJABAR

  • Ismi Nur Khaifa Khasna Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Anisa Solihati Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Dina Kurniasari Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Hasenda Alfa Dinara Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Analisis kesalahan, Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada siswa kelas VII B SMPN 6 Magelang pada materi aljabar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Kesalahan yang dianalisis mengacu pada pendapat Wiyartimi dkk yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan operasi, kesalahan kecerobohan, dan kesalahan notasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas VII B semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan pemilihan yang bersifat acak. Metode yang digunakan yaitu metode tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diberlakukan untuk seluruh subjek penelitian, sedangkan untuk kepentingan wawancara peneliti memilih 3 subjek kelas VII B pada sekolah tersebut. Adapun objek penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa kelas VII B SMPN 6 Magelang dalam mengerjakan soal-soal pada materi Operasi Bentuk Aljabar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian siswa masih belum optimal pada setiap butir soal yang memiliki indikator yang berbeda. Sebagian besar sampel yang diteliti masih banyak siswa yang melakukan kesalahan-kesalahan pada pengerjaan soal-soal pada materi Operasi Bentuk Aljabar.