ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 1 TENGARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJARNYA

  • Eka Susanti Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Ferly Andreyanto Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Rizky Sani Nur Faizah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Reza Indriani Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Nur Afifah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Matematika, Kesulitan belajar, Gaya belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas X SMA N 1 Tengaran dari gaya belajarnya. Subjek penelitian ini adalah siswa X SMA N 1 Tengaran yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilakukan dari hasil angket kesulitan belajar dan gaya belajar siswa, serta wawancara secara langsung tentang kesulitan belajar dari masing-masing siswa. hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa gaya belajar ada 3, yaitu gaya belajar auditori, visual dan kinestetik. Setiap siswa memiliki gaya yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran akan tetapi mmiliki tujuan yang sama yaitu dapat paham, mengerti serta dapat mengimplementasikannya pada suatu persoalaan ataupun kehidupan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 3 siswa dengan gaya belajar auditori, 3 siswa dengan gaya belajar kinestetik serta 4 siswa dengan gaya belajar visual. Sementara kesulitan belajar yang di alami siswa juga bermacam-macam dilihat dari gaya belajarnya. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kesulitan dalam menerima materi dengan proporsi dan penjelasan ataupun diskusi rendah. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kesulitan dalam memahami tulisan atau gambar serta kurangnya latihan soal yang diberikan. Sementara siswa dengan gaya belajar visual memiliki kesulitan dalam memahami materi yang tingkat visualitasnya rendah.