PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN KONSEP BARISAN YANG MENGAKOMODASI SIKAP KERJA SAMA & TANGGUNG JAWAB MENGGUNAKAN PENDEKATAN PPR

  • Paula Glady Frandani Setiawan Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Haniek Sri Pratini Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Konsep, Barisan, PPR

Abstract

Poses pembelajaran pada umumnya begitu juga dengan pembelajaran matematika, peserta didik diharapkan dapat mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Revolusi industri 4.0 telah mewarnai dunia pendidikan. Pembelajaran pada era revolusi industry 4.0 menuntut peserta didik menjadi lebih aktif dibanding pendidik. Selain itu, penguasaan objek-objek matematika dalam suatu pembelajaran sangat dibutuhkan. Konsep merupakan salah satu objek matematika. Pada umumnya peserta didik cenderung menghafal rumus dibandingkan memahami konsep suatu materi. Pendidik seharusnya dapat menyuguhkan pembelajaran matematika yang menekankan konsep dibandingkan hanya memberikan rumus atau sekedar penyelesaian soal. Oleh sebab itu, peneliti melakukan pengembangan terhadap pembelajaran konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahap proses pengembangan penelitian ini yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengisian angket. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma semester V. Selanjutnya hasil pengembangan pembelajaran konsep barisan berupa desain pembelajaran konsep Barisan.