MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN STRATEGI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Daystera Jeskris Lawalata Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Dewi Isabella Palma Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Haniek Sri Pratini Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
Keywords: Gamifikasi, Kooperatif, Motivasi, Kemampuan Strategi Matematis

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan saat ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang lebih menggambarkan pada sebuah kelompok belajar. Pembelajaran dilakukan dengan membentuk suatu kelompok-kelompok belajar akan tercipta sebuah diskusi dalam kelompok tersebut untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama. Dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam kelompok didapat sebuah kompetensi strategi matematis yang dibangun secara bersama-sama. Selanjutnya, perkembangan dalam dunia teknologi saat ini juga telah berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat perusahaan industry game juga berkembang dengan pesat. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh para ahli untuk mengembangkan konsep game tersebut kedalam dunia nyata, baik dalam dunia pendidikan maupun non-pendidikan. Penerapan elemen-elemen dari sebuah game kedalam konteks non-game untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan memotivasi disebut dengan gamifikasi. Gamifikasi dapat memberikan manfaat positif di dalam pendidikan yaitu peningkatan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam aktifitas pembelajaran yang secara tidak langsung juga meningkatkan perolehan nilai siswa. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan konsep gamifikasi sebagai pendekatan melalui model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kompetensi strategi matematis dan motivasi belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Dalam penelitian ini akan mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi untuk meningkatkan kemampuan strategi matematis dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi dapat meningkatkan kemampuan strategi matematis siswa dan motivasi belajar siswa. selain itu, penerapan pembelajaran koopeartif berbasis gamifikasi disukai oleh siswa sebesar 78%.