EKSPLORASI AKTIVITAS MATEMATIKA DESIGNING PADA BANGUNAN TAMANSARI YOGYAKARTA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Levi Lawrence Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Theodora Novelia Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Veronika Susi Lestari Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
Keywords: ernomatematika, bangunan tamansari, materi bangun ruang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas matematis designing pada Tamansari Yogyakarta dan implementasinya dalam pembelajaran matematika. Tamansari adalah bangunan bersejarah yang cukup terkenal di Yogyakarta dan mempunyai keunikan arsitektur yang masih sangat kental dengan budaya kehidupan keluarga Keraton Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi literatur. Dari hasil analisa terhadap data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa aktivitas matematika designing pada bangunan Tamansari yang berkaitan dengan materi pembelajaran matematika terutama pada: Pelataran pada area Gedhong Sekawan dapat dikaitkan dengan materi bangun datar segidelapan dan keempat bangunan yang serupa pada Gedhong Sekawan dapat dikaitan dengan materi kesebangunan dan kongruensi. Pada area Pasiraman Umbul Binangun, umbul atau kolam dapat dikaitkan dengan materi bangun ruang balok dan bangun datar persegi panjang, dan jendela pada bilik dapat dikaitkan dengan materi bangun ruang limas segiempat terpancung. Pada bangunan Sumur Gumuling, bentuk bangunan sendiri dapat dikaitkan dalam materi kerucut terpancung dalam pembelajaran matematika dan kolam untuk berwudhu dapat dikaitkan dengan materi bangun ruang tabung tanpa tutup. Beberapa bentuk relief yang ada di Tamansari mengandung konsep transformasi geometri (materi pencerminan) dan materi bilangan pada relief yang menyatakan sengkalan memet.