IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM K-13 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MA’ARIF NU KAJEN

  • MUHAMMAD FALAH Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • NUR KHABIBAH Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Metode Problem Based Learning, Prestasi Belajar Siswa, Uji satu rerata (Uji-Z)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam K-13 dapat mencapai ketuntasan. Penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya pada materi program linier. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMK MAARIF NU KAJEN tahun pelajaran 2019/2020. Untuk itu peneliti menggunkaan sampel kelas TKR 5 SMK MA’ARIF NU KAJEN yang berjumlah 34 siswa untuk dilakukan uji satu rerata. Instrumen ini berupa dokumen tes ulangan harian dan pengamatan yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun dokumen yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran yang di gunakan yang berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan modul. Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dinyatakan valid. Dari data ulangan harian siswa, menunjukkan model Problem Based Learning mempunyai hasil rata-rata diatas nilaike tuntasan minimum. Dimana nilai ketuntasan minimum di SMK MAARIF NU KAJEN ini adalah 70. Uji ini dilakukan dengan mengunakan uji-Z yang mana untuk variansi sampel bisa digunakan untuk variansi populasi karena sampel yang diambil lebih dari 30. Diketahui bahwa Z test sebesar 1.724 dan Z tabel sebesar 1.645. Berdasarkan Hasil penelitian menujukan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam K-13 dapat mencapai ketuntasan.