PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 11 MAGELANG

  • Heny Nugroho Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Mukhammad Abdur Rouf Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Abdunnuurru Abdunnuurru Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: pembelajaran, kurikulum 2013, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui problematika proses perencanaan Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 11 Magelang, 2) mengetahui problematika proses Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 11 Magelang, dan 3) mengetahui problematika proses penilaian Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 11 Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada tahap perencanaan tidak terdapat kendala yang dihadapi guru, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan siswa. Hasil kedua adalah peneliti menemukan kendala yang dialami oleh subjek penelitian, yaitu kurangnya buku pegangan bagi siswa, sulitnya soal-soal yang terdapat pada buku pegangan, dan banyak siswa yang belum mampu berpikir analitif dan aplikatif sesuai yang dituntut dalam kurikulum 2013. Hasil ketiga yang didapat adalah guru mengeluhkan bahwa terlalu banyak tagihan penilaian sehingga menyita waktu guru. Peneliti tidak menemukan permasalahan dialami siswa. Penelitian ini dideskripsikan untuk mengumpulkan informasi mengenai problematika pembelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri 11 Magelang.