PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI SMA 2 PGRI KAJEN

  • M. Mahadhir Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Subechi Subechi Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Kamilia Novianti Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Hasil Belajar, NHT, Pembelajaran Langsung

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembeajaran langsung Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan, dengan subjek penelitian 29 orang pada kelas eksperimen dan 27 orang pada kelas kontrol. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental semu. Analisis data hasil belajar siswa diolah dengan uji-t menggunakan data tes akhir siswa pada mata pelajaran matematika sub materi determinan matriks. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan penghitungan SPSS diperoleh P-value = 0,016 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Karena P-value ˂ α maka tolak H0 dan terima H1. Ini berarti hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode NHT lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran langsung