KESALAHAN KONSTRUKSI SINTAKSIS PADA SOAL CERITA DALAM BUKU TEKS MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP

  • Afrinar Pramitasari Universitas Pekalongan
Keywords: soal cerita, matematika, kesalahan sintaksis

Abstract

Pemberian soal cerita matematika pada siswa dapat memenuhi tujuan pembelajaran kontekstual, yaitu siswa dapat merasakan adanya keterkaitan antara materi matematika yang didapatkan di sekolah dengan keadaan dunia nyata. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi dan mendeskripsikan wujud kesalahan bahasa bidang sintaksis yang ditemukan dalam soal cerita pada buku teks Mata Pelajaran Matematika untuk SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan kalimat yang terdapat pada soal cerita dalam buku teks mata pelajaran Matematika yang mengalami kesalahan bahasa khususnya bidang sintaksis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik baca dan catat. Berdasarkan data-data yang telah dianalisis, ditemukan delapan kesalahan bidang sintaksis dalam soal cerita matematika kelas VII SMP yang meliputi (1) Kalimat tidak baku, (2) Kalimat ambigu, (3) Diksi yang tidak tepat, (4) Kontaminasi kalimat, (5) Koherensi, (6) Penggunaan kata mubazir, (7) Kata serapan yang digunakan dalam kalimat, dan (8) Logika kalimat. Dari semua analisis data, kesalahan yang paling banyak ditemukan ialah penggunaan kata mubazir dan kalimat tidak baku.