IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

  • Dwi Supriyanti Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Pembelajaran Generatif, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengajarkan konsep tetapi selama ini guru lebih menekankan pada pengajaran konsep sehingga kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih kurang. Oleh karena itu penelitian ini akan menerapkan pembelajaran generative yang bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran genaratif menghasilkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran discovery. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonopringgo. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang berbentuk uraian. Instrument digunakan untuk mendapatkan data kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran generatif lebih baik dibandingkan pembelajaran discovery. Dengan demikian pembelajaran generative ini dapat menjadi solusi permasalahan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Pembelajaran generative ini disarankan untuk diujicobakan pada materi yang lain misalnya materi bangun ruang sisi lengkung.