Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Nusa Mandiri Petarukan

  • Alfiyana Rahmawati Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Muhammad Najibufahmi Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Advance Organizer, Kemampuan Pemahaman Konsep, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang ditinjau dari minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif Quasi Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nusa Mandiri Petarukan. Sampel penelitian dua kelas dilakukan dengan teknik cluster random sampling, didapat kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Advance Organizer lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Ekspositori, (2) kemampuan pemahaman konsep siswa dengan minat tinggi lebih baik dari pada siswa dengan minat sedang dan kemampuan konsep siswa dengan minat sedang lebih baik daripada minat yang rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap minat belajar dan model pembelajaran.