STUDI DESKRIPTIF: INTEGRASI NILAI ISLAMI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS DARUL MUKHLISIN

  • Bettri Yustinaningrum IAIN Takengon
Keywords: Integrasi, Nilai Islam, Pendekatan Saintifik

Abstract

Krisis dan penyimpangan moral berakar pada menurunya keimanan kepada Tuhan Yang Maha esa, tetapi sistem pendidikan (dalam hal ini kurikulum) belum mengatasi hal tersebut. Salah satu alternatif untuk mengatasi kelemahan kurikulum adalah dengan mengintegrasikan nilai Islam dalam materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan upaya integrasi nilai islam di MTs Darul Mukhlisin, (2) mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran matematika MTs yang terintegrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik, (3) mengetahui tingkat integrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitif, jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif -kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman. Pengujian kredibilitas dilakukan dengan triangulasi. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran MTs Darul Mukhlisin diupayakan melalui program-program seperti menghafal ayat Al Qur’an dan pembelajaran bahasa arab. Perencanaan pembelajaran MTs Darul Mukhlisin dilakukan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran meliputi program tahunan, program semester, minggu efektif, kriteria ketuntasan minimal, silabus, dan RPP. Nilai islam yang dikembangkan di MTs Darul Mukhlisin adalah nilai hablun minannafsi (diri sendiri). MTs Darul Mukhlisin Tengah dalam pelaksanaan pembelajaran telah melakukan tahapan pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Integrasi nilai islam dengan pendekatan saintifik pada tingkat strategi mendominasi dalam pembelajaran matematika di MTs Darul Mukhlisin sebesar 50% sedangkan tingkat materi sebesar 25%.

Published
2021-01-06