EFEKVITITAS PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Mahmudin MTs Negeri 3 Cilacap
Keywords: pembelajaran daring, matematika, WAG, whatsapp

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika, khususnya materi aritmatika. Selain itu, kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring mata pelajaran matematika juga diberikan. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Cilacap. Subejk penelitian adalah siswa kelas VII yang mengikuti mata pelajaran matematika menggunakan media pembelajaran whatsapp grup (WAG). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan WAG, penelitian ini menggunakan indikator hasil belajar materi aritmatika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WAG dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika adalah tidak atau kurang efektif. Diketahui bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa adalah 65,16 yang mana di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu sebesar 66. Beberapa kendala yang melandasi hasil ini adalah (1) koneksi internet sangat tidak mendukung karena letak geografis peserta didik di daerah pelosok dan pegunungan, (2) tingkat ekonomie keluarga yang rendah, dan (3) kurangnya motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran secara online.

Published
2021-01-11