SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBANTUAN SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA

  • Atana Sa’adah Universitas Pekalongan
  • Fiza Zulvia Ningrum Universitas Pekalongan
  • N.Farikha Universitas Pekalongan
Keywords: Scaffolding, HOTS, Numerasi matematika,Trigonometri

Abstract

Literasi numerasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap  siswa. Diharapkan siswa mampu mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan nyata. Namun pada kenyataan representasi matematis siswa masih kurang dan perlu dikembangkan lagi. Perkembangan zaman menuntut siswa memiliki kemampuan matematis tingkat tinggi dengan menggunakan soal HOTS diharapkan siswa mampu meningkatkan literasi matematisnya serta kemampuan pemecahan masalah. Scaffolding atau pemberian bimbingan dan bantuan seperlunya kepada siswa diharapkan dapat memotivasi dan memberi tanggung jawab pada siswa dalam penyelesaian soal HOTS. Pendidik perlu terampil untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta) Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses scaffolding dalam pembelajaran trigonometri berbantuan soal hots untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika.  Scaffolding dalam pembelajaran matematika memberikan variasi pembelajaran dan menambah wawasan siswa tentang penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2021-01-06