MODEL INKUIRI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Aldy Ronaldy Wila Here Universitas Pelita Harapan
  • Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro Universitas Pelita Harapan
Keywords: Berpikir kritis, Pembelajaran Online, Pembelajaran inkuiri

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan sumber daya manusia yang dibutuhkan pada abad 21. Hal ini tidak terlepas dari peran guru di dalam pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Lebih dari itu, guru harus menuntun siswa agar siswa memahami secara jelas tujuan memiliki kemampuan berpikir kritis. Pada proses pembelajaran, pemikiran kritis adalah hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, pembelajaran yang berlangsung pada kelas VIII di salah satu sekolah swasta di Toraja kelas menunjukkan bahwa siswa masih sulit untuk berpikir secara kritis ketika ingin menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka guru menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran inkuiri dalam membantu guru mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Meskipun pembelajaran inkuiri menekankan kepada siswa untuk belajar mandiri namun guru tetap membimbing siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran inkuiri di dalam kelas membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penulis memberikan saran kepada guru untuk bisa mempertimbangkan waktu dan kebutuhan siswa dalam konteks pembelajaran online saat menerapkan model inkuiri.

Published
2022-01-31