ANALISIS KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

  • Fida Rahmantika Hadi Universitas PGRI Madiun
  • Rissa Prima Kurniawati Universitas PGRI Madiun
Keywords: Kemampuan TPacK, Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Sekolah Dasar

Abstract

Peningkatan dan pemerataan pendidikan sangat perlu dilaksanakan guna menunjang kebutuhan siswa. Berbagai hal dilakukan pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu melakukan pelatihan terhadap guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penggunaan media pembelajaran beserta model maupun metode sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi, mahasiswa PGSD Universitas PGRI Madiun masih kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Kurangnya pemahaman menjadi faktor penghambat, padahal kemampuan TPaCK merupakan modal yang harus dimiliki oleh calon guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kemampuan TPACK mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 kelas 4A Universitas PGRI Madiun yaitu sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang digunakan mahasiswa yaitu RPP dan kelengkapannya serta media pembelajaran. RPP yang dibuat oleh S1, S2, dan S3 sudah bagus. Kemampuan TPacK S1 dalam praktek mengajar sudah lumayan baik dengan prosentasenya sebesar 78,3 %. Kemampuan TPacK S2 dalam praktek mengajar sudah bagus dengan prosentase 86,7 %. Kemampuan TPacK S3 dalam praktek mengajar sudah bagus dengan prosentase 83,3 %.

Published
2022-01-31