PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MUSEUM TOSAN AJI PURWOREJO UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Dita Yuzianah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Maryana Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep geometri yang muncul pada budaya Museum Tosan Aji dalam e-modul etnomatematika, mengembangkan e-modul berbasis etnomatematika dalam materi Segiempat dan Segitiga, serta mengetahui kelayakan e-modul. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 25 Purworejo tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tes (tes tertulis) dan non-tes (angket, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara). Instrumen pada penelitian ini ada lembar validasi, lembar angket, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,42, skor kepraktisan 3,42 dengan kriteria praktis, dan skor keefektifan dengan skor respon positif siswa 93% dengan kriteria sangat positif, ketuntasan belajar 80% dari KKM 70 dengan rata-rata nilai 76,58. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa e-modul berbasis etnomatematika ini layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika sekaligus untuk penanaman karakter siswa.

Kata Kunci: e-modul, etnomatematika, museum

Published
2022-01-31