MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA GENERASI Z

  • Eliana Nadiasari Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Dewi Isabella Palma Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Keywords: Abad 21, Berpikir Kritis Matematis, Generasi Z, Pembelajaran Matematika

Abstract

Siswa pada masa sekarang merupakan generasi pertama yang bertumbuh Bersama teknologi masa kini yang dapat sebut sebagai generasi Z (digital native). Generasi Z merupakan generasi pertama yang tumbuh bersama teknologi masa kini. Karakteristik siswa dari generasi ke generasi tentu memiliki perbedaan sesuai dengan perkembangan masa itu. Saat ini, perkembangan manusia memasuki masa abad 21. Kemudahan akses informasi dan perkembangan teknologi yang pesat memerlukan adanya sumber daya manusia yang kompeten juga. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada masa ini adalah berpikir kritis. Dalam matematika, berpikir kritis juga memiliki peran penting dalam proses penyelesaian masalah nyata yang membutuhkan matematika sebagai alat penyelesaian masalah. Namun, setiap generasi memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis juga harus seturut dengan karakteristik generasi. Dalam hal ini adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada generasi Z. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil dari penelitian didapat bahwa terdapat karakteristik dari generasi z yang dapat dijadikan tolak ukur dalam membuat ide – ide pengajaran. Ide – ide tersebut antara lain, penggunaan teknologi, pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran kolaboratif, dan penggunaan konteks autentik.

Published
2022-01-31