ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TOPIK GEOMETRI BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA

  • Aniskurnia Rahmadhani Fajerin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Berfikir Kreatif, Geometri, Geogebra

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki, karena dapat membantu siswa berpikir secara rasional dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi persamaan garis lurus berbantuan software geogebra. Analisis berpikir kritis disini tidak melihat hasil akhir melainkan bagaimana proses yang dilakukan oleh siswa, dengan cara mengidentifikasi apa saja yang ada didalam permasalahan yang diberikan hingga kesimpulan yang didapat oleh siswa.  Hal ini sesuai dengan empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama. Sedangkan instrumen pendukung berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis yang terdiri dari 2 soal dan dibuat dalam bentuk essay. Subjek pada penelitian ini yaitu 10 siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian ini dapat mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP melalui jawaban siswa yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu menjawab keduanya benar, sebagian benar dan keduanya salah. Pada subjek dengan kategori menjawab soal keduanya benar hanya satu siswa yang mampu mencapai indikator berpikir kritis dengan cukup baik, sedangkan tiga siswa lainya belum mampu melalui indikator interpretasi dan analisis dengan baik. Pada kategori menjawab soal sebagian benar subjek melakukan kesalahan pada indikator evaluasi dan inferesi, sehingga subjek belum mencapai indikator berpikir kritis dengan baik. Pada kategori menjawab soal keduanya salah subjek belum mencapai indikator berpikir kritis dengan baik.

Published
2023-01-27