INTEGRASI COMPUTATIONAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA SOCIETY 5.0

  • Lilis Puspitasari Universitas Pekalongan
  • Imam Taukhit Universitas Pekalongan
  • Mei Setyarini Universitas Pekalongan
Keywords: Era Society 5.0, Computational Thinking, Integrasi, Pembelajaran Matematika

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi merambah pada seluruh bidang kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan. Tentunya, dalam memasuki era society 5.0 dalam bidang pendidikan diperlukan suatu model pembelajaran baru yang inovatif dan mampu menjawab tantangan-tantangan di era society 5.0. Draft kerangka kerja (framework) PISA 2021 sudah beberapa kali dirilis oleh OECD, dengan draft terakhir dirilis di bulan November  2018.  Dalam  kerangka  kerja  tersebut,  terdapat  beberapa  hal  yang  menarik  untuk  dibahas, utamanya adalah masuknya computational thinking dalam asesmen PISA 2021 yang membuat PISA 2021 berbeda dengan PISA sebelumnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa pendidikan matematika di era society 5.0 sebagai calon pendidik terkait integrasi computational thinking dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 1 Universitas Pekalongan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan instrumen dua soal matematika yang merupakan  soal  pemecahan  masalah.  Soal  tes  diadaptasi  dari  Bebras  Indonesia Challenge 2017 dan 2018. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu ditunjukkan  pada  penyelesaian soal  pertama  dan  kedua, subjek mampu  menyelesaikan  masalah  dengan  komponen  computational thinking dimulai dengan  abstraction, decomposition, dan  algorithm.  Sedangkan  komponen generalization  tidak terlihat dalam proses penyelesaian masalah. Meskipun ada beberapa subjek yang menjawab salah, hal ini dikarenakan subjek kurang memahami soal. Soal hanya dibaca sekali atau dua kali sehingga informasi dalam soal belum benar-benar dipahami.

Published
2023-01-27