Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Pada Materi Lingkaran

  • Lu'lu'il Maknun Universitas Pekalongan
  • Rohmiatul Aulia Universitas Pekalongan
  • Mei Setyarini Universitas Pekalongan
  • Fathi Risqullah Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Lingkaran, Polya

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan aspek penting yang diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N 02 Mayangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3)penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa 4 soal uraian materi lingkaran, dan setiap soal mengacu pada indicator. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis SDN 02 mayangan tergolong rendah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori tinggi yaitu sebanyak 15 orang siswa atau (46,9%), kemudian sebanyak 1 orang siswa atau (3,1%) berkategori sedang, dan sebanyak 16 orang siswa atau (50%) berkategori rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tahapan polya yaitu pada tahap pemahaman masalah, masih terdapat siswa yang tidak melakukan proses dalam pemahaman masalah dengan baik. Pada tahap perencanaan masalah dan menjalankan rencana penyelesaian masalah masih kurang tepat dan tidak dapat melakukan penyelesaian masalah yang diberikan dalam soal, serta pada tahap akhir yaitu pengecekan kembali jawaban, siswa tidak dapat melakukan penarikan kesimpulan dengan tepat. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong ke dalam kategori rendah, siswa diharapkan agar terus belajar dan berlatih supaya siswa lebih terbiasa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan-masalah.

Published
2024-01-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>