Implementasi Problem Problem Based Learning Ditinjau Dari Jenjang Pendidikan: Sebuah Meta-Analisis

  • Azmiatun Solehah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Vera Mandailina Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Abdillah Abdillah Universitas Muhammadiyah Mataram
Keywords: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Problem based Learning, Jenjang Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan, selain itu juga untuk mengetahui pengaruh terhadap variabel moderator berdasarkan jenjang pendidikan. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan meta-analisis. Sumber data adalah hasil penelitian yang relevan dengan topik penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data dianalisis menggunakan software JASP dengan inputan nilai Effect Size (ES) dan Standard Error (SE). Hasil analisis data secara kumulatif metode pembelajaran berbasis masalah pada bidang eksak dengan sumary effec sebesar 54%. Hasil analisis berdasarkan variabel jenjang pendidikan, pada jenjang SMP dengan persentase sebesar 47% dengan kategori sedang. Pada jenjang SMA dengan persentase sebesar 59% dengan kategori sedang. Hasil tersebut menunjukan bahwa metode berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan. Sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis masalah pada bidang eksak.

Published
2024-01-11