Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Efikasi Diri Matematis

  • Luluk Suryani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari
Keywords: Literasi Matematika, Efikasi Diri

Abstract

Literasi matematika dan efikasi diri merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari efikasi diri matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Maron memiliki tingkat literasi matematika yang baik, sementara efikasi diri matematis siswa berada pada tingkat tinggi. Semakin tinggi tingkat efikasi diri matematis siswa, maka semakin baik kemampuan literasi matematikanya. Siswa yang memiliki tingkat efikasi diri matematis yang tinggi akan berusaha maksimal karena mereka memiliki keyakinan diri dalam menyelesaikan soal-soal literasi matematika. Sebaliknya, siswa dengan tingkat efikasi diri matematis sedang merasa ragu ketika dihadapkan pada soal-soal literasi matematika yang sulit. Sedangkan, siswa yang memiliki tingkat efikasi diri matematis yang rendah merasa kurang percaya diri dalam mengatasi soal-soal tersebut karena siswa kurang mampu dalam matematika. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam mengevaluasi kemampuan literasi matematika siswa SMPN 1 Maron dan menjadi bahan pertimbangan untuk perbaikan dalam dunia pendidikan.

Published
2024-01-10