Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Papan Pandai Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTS Nurul Islam

  • Kamilia Novianti Nur Aini Universitas Pekalongan, Indonesia
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan, Indonesia
Keywords: Discovery learning, papan pandai, pemahaman konsep

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VII MTs Nurul Islam tahun ajaran 2023/ 2024 merupakan latar belakang masalah penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis papan pandai daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Islam yang terdiri dari tiga kelas. Kemudian diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan pembelajaran model discovery learning berbasis papan pandai dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dalam bentuk essay sedangkan untuk instrumen non tes berupa lembar observasi. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan uji t dan uji z pada taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan untuk uji z H0 ditolak dengan presentase 90% jumlah siswa yang melebihi KKM sedangkan untuk uji t H0 ditolak maka pembelajaran model discovery learning berbasis papan pandai lebih baik dari pembelajaran langsung sedangan untuk hasil observasi kegiatan melalui discovery learning berjalan dengan baik. 

Published
2024-01-11