Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar Berdasarkan Teori Nolting

  • Yolanda Apriliani UNIVERSITAS PEKALONGAN
  • Alfina Nufusa Aghniya Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan, Indonesia
Keywords: Analisis Kesalahan, Teori Nolting, Bentuk Akar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dari kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi Bentuk Akar dengan berdasarkan teori Nolting. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan subjek yaitu siswa kelas X TB( Tata Busana) SMK Baitussalam dengan jumlah 26 siswa. Sampel dipilih dengan metode Cluster Random Sampling sehingga diperoleh jumlah dari sampel penelitian ini sebanyak 6 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini merupakan soal uraian matematika materi Bentuk Akar dengan 1 soal esai. Teknik pengumpulan data ini berasal dari hasil jawaban tes tertulis siswa. Dari hasil penelitian diperoleh persentase jenis-jenis kesalahan siswa menurut teori Nolting diantaranya, kesalahan dalam membaca petunjuk (31%), kesalahan dalam kecerobohan (39%), kesalahan pada konsep (3%), kesalahan dalam penerapan (3%), kesalahan saat mengerjakan tes (14%), dan kesalahan dalam proses belajar (11%).  Ada beberapa saran untuk mengurangi kesalahan siswa seperti guru seharusnya lebih memperkenalkan macam-macam bentuk soal pada materi Bentuk Akar, juga guru hendaknya lebih menekankan pada tahapan perhitungan sifat-sifat eksponen dalam pengerjaan Bentuk Akar.

Published
2024-01-11