Analis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Teori Newman di SMA Negeri 1 Doro

  • Citra Kusuma Lisdiani Universitas Pekalongan
  • Miladiya Tsania Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan, Indonesia
Keywords: HOTS, Analisis Kesalahan, Teori Newman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe High Order Thinking Skill (HOTS) berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Doro dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument tes berupa soal matematika bertipe HOTS dengan materi Polinomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada saat mengerjakan soal matematika bertipe high order thinking skills (HOTS) dengan materi Polinomial dibagi kedalam lima jenis kategori kesalahan menurut teori Newman yaitu (1) Kesalahan membaca sebesar 7%; (2) Kesalahan dalam memahami soal sebesar 7%; (3) Kesalahan transformasi sebesar 18%; (4) Kesalahan keterampilan proses sebesar 34%; (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 34%. Penyebab kesalahan yang sering terjadi disebabkan karena siswa tidak  dapat menafsirkan maksud dari soal dan tingkat kognisi serta kreativitas siswa yang rendah dalam mengidentifikasi permasalahan nyata ke dalam model matematika.

Published
2024-01-11