Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dengan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif : Literature Review

  • Maria Fransineti Hoar Klau Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor, Kefamenanu
  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor
  • Meiva Marthaulina Lestari Siahaan Universitas Timor
Keywords: Literasi Numerasi, Gaya Kognitif Reflektif, Gaya Kognitif Impulsif, Literature Review

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keterampilan berhitung siswa dari gaya kognitif refleksif dan untuk menjelaskan keterampilan berhitung siswa dari gaya kognitif impulsif. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur sistematis dengan langkah-langkah mengembangkan pertanyaan penelitian (perumusan). Pertanyaan penelitian), pengembangan strategi pencarian (mencari makalah dan literatur yang sesuai dengan tema penelitian), evaluasi dan analisis data (data evaluasi dan analisis), dan interpretasi (melaporkan hasil penelitian). Terdapat 15 artikel yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan dalam analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar kognitif reflektif cenderung lebih teliti dan hati-hati dalam menyelesaikan masalah.

Published
2024-01-11