Hubungan Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, dan Interaksi Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika: Studi Literature

  • Helidora Nuryati Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Timor
  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor
Keywords: kecerdasan emosional, motivasi belajar, interaksi sosial, dan prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji/merivew artikel-artikel tentang hubungan kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan sistematik literatur review (SLR). Tinjauan literatur sistematis adalah istilah yang mengacu pada metodologi penelitian atau pengembangan penelitian tertentu yang dilakukan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi temuan penelitian pada topik tertentu. Terdapat 17 artikel yang dianalisis. Langkah-langkah SLR meliputi pengembangan penelitian (merumuskan pertanyaan penelitian), mengembangkan strategi pencarian (mencari artikel atau literatur yang sesuai untuk penelitian), kriteria seleksi (menerapkan kriteria inklusi pada artikel yang dipilih), mengevaluasi data dan mencakup analisis, dan interpretasi (pelaporan hasil penelitian). Dengan menganalisis artikel yang relevan dan berfokus pada topik penelitian yang dilakukan bersumber dari 1 data-base google scholar dengan memasukan kata kunci ‘‘kecerdasan emosional’’, ‘’motivasi belajar’’, ‘‘interaksi sosial’’, dan ‘’prestasi belajar’’. Hasil review artikel menunjukkan; 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa, dan 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika siswa.

Published
2024-01-11