PENGUATAN JATI DIRI SISWA SEBAGAI DASAR DARI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM ME JAWAB TANTANGAN ABAD 21

  • Khamdanah Universitas Pekalongan
  • Wilda Tsaniya Salsabila Universitas Pekalongan
Keywords: Jati Diri Siswa, Literasi Matematika, Penerapan Punishment, Pemberian Reward, Character Building

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kemampuan Literasi Matematika dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 (2) untuk mengetahui penguatan jati diri siswa sebagai dasar dari kemampuan literasi matematika siswa MA Salafiyah Simbang Kulon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik studi literatur. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2020-2021 MA Salafiyah Simbang Kulon. Analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data serta berupa analisis deskriptif. Hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa 1) Penerapan pembelajaran yang memuat literasi matematika dalam menghadapi tantangan abad 21 telah diterapkan di MA Salafiyah Simbang Kulon, namun belum berjalan secara maksimal 2) pendidik tengah berusaha melakukan penguatan jati diri siswa sebagai dasar dari kemampuan literasi matematika siswa. Upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam menguatkan jati diri siswa sebagai dasar dari kemampuan literasi matematika dilakukan dengan penerapan punishment, pemberian reward, dan character buildingelama pembelajaran matematika.

Published
2022-01-31