ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA

  • Nayla Ziva Salvia Universitas Pekalongan
  • Fadya Putri Sabrina Universitas Pekalongan
  • Ismilah Maula Universitas Pekalongan
Keywords: literasi numerasi, kecemasan matematika, matematika.

Abstract

Literasi numerasi merupakan suatu pemahaman dalam penggunaan simbol dan angka matematika dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pada tahun 2019 berdasarkan hasil PISA yang dirilis OECD tingkat literasi numerasi Indonesia berada pada peringkat 62 dari 70 negara, hal ini menunjukan bahwa tingkat literasi numerasi Indonesia masih sangat rendah. Kemampuan literasi numerasi ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kemampuan pemecahan masalah matematika maupun kemampuan literasi peserta didik. Adapun kemampuan pemecahan masalah matematika juga dipengaruhi oleh kecemasan matematika peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi numerasi dengan kecamasan matematika yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Dengan demikian penelitian ini mengacu pada penelitin yang dilakukan oleh Disai, dkk (2017) tentang pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar dan pemahaman matematika peserta didik. Sehingga berdasarkan teori tersebut didapatkan kesimpulan pada penelitian ini bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik memiliki hubungan dengan kecemasan matematika yang dimiliki oleh peserta didik.
Kata kunci : literasi numerasi, kecemasan matematika, matematika.

Published
2022-01-31

Most read articles by the same author(s)