STUDI LITERATUR: MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MATEMATIKA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL

  • Chotimah Windiarti Universitas Negeri Semarang
  • Husna Ainun Najwa Universitas Negeri Semarang
  • Rachel Golda Meilanda Universitas Negeri Semarang
  • Rizki Hanantri Ramadhan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kreativitas Guru, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Proses pembelajaran matematika, dibutuhkan kreativitas guru yang dapat memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Selain  itu,  dibutuhkan  juga kemampuan pemecahan masalah dalam  menyelesaikan suatu persoalan. Sikap  rasa  ingin  tahu dan  kemampuan pemecahan masalah  dalam  penerapan  suatu  model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas guru matematika dalam model pembelajaran PBL pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Artikel ini disusun melalui kerja sama dengan guru matematika. Subjek penelitian ini adalah guru-guru matematika. Analisis datanya terdiri dari bentuk data, pemaparan data, penafsiran data, dan kesimpulan. Data diperoleh dari literatur review dari beberapa jurnal. Hasil penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan diri pada guru diperlukan pembuatan soal-soal yang sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan yang di dapat dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based learning efektif untuk meningkatkan kreativitas guru matematika dengan kemampuan pemecahan masalah.

Published
2023-01-27