STUDI LITERATUR: MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MATEMATIKA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL
Abstract
Proses pembelajaran matematika, dibutuhkan kreativitas guru yang dapat memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan suatu persoalan. Sikap rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah dalam penerapan suatu model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas guru matematika dalam model pembelajaran PBL pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Artikel ini disusun melalui kerja sama dengan guru matematika. Subjek penelitian ini adalah guru-guru matematika. Analisis datanya terdiri dari bentuk data, pemaparan data, penafsiran data, dan kesimpulan. Data diperoleh dari literatur review dari beberapa jurnal. Hasil penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan diri pada guru diperlukan pembuatan soal-soal yang sesuai dengan kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan yang di dapat dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based learning efektif untuk meningkatkan kreativitas guru matematika dengan kemampuan pemecahan masalah.